Sabtu, 08 Mei 2010

pendekatan aural-oral

Oleh Permanarian Somad
8 mei 2010
1. Dampak Tingkat kehilangan pendengaran
Untuk memberikan layanan yang sesuai dengan kebutuhan anak , maka seharusnya guru memahami karakteristik dari efek dari timgkat kehilangan anak terhadap kemampuan anak menangkap suara dan hambatan yang dialaminya.
Dengan pemahaman ini guru dapat memberikan layanan yang sesuai dengan kondisi anak, dari mana mulai mengajar anak , apa yang menjadi hambatannya, dan apa yang harus dikembangkan dari kemampuan anak sesuai dengan efek dari kehilangan pendengarannya secara individual dalam pengembangan komunikasi lisannya.
Oleh karena itu , mulai anak masuk sekolah , yang berkaitan dengan administrasi orang tua diwajibkan untuk memeriksakan anaknya ke audiolog atau melakukan pemeriksaan tingkat kehilangan pendengarannya.
Informasi tentang tingkat kehilangan pendengaran akan memberi kemudahan untuk guru dalam pembelajaran , pengelompokkan , pemahaman tentang anak secara individual, sehingga perencanaan pembelajaran terhadap anak akan disusun secara individual pula.
Untuk kepentingan pengembangan anak secara optimal dalam komunikasi lisan, perlu adanya komitmen dari seluruh pengajar dan kepala sekolah, dari mulai perencanaan , pendahuluan , evaluasi, dan follow-up nya harus dilaksanakan secara terus-menerus , dan berkesinambungan.
Untuk memperoleh komitmen yang tinggi perlu adanya kesepakatan dan keseragaman dalam bertindak dalam memberikan layanan pendidikannya, untuk itu perlu adanya penyusunan visi dan misi sekolah yang akan dijadikan pegangan oleh kepala sekolah dan guru dalam melaksakan pembelajaran.


Tidak kalah pentingnya adanya program yang jelas mengenai keterlibatan orang tua
dalam mengembangkan kemampuan komunikasi aural-oral ini, orang tua merupakan penopang utama dalam mencapai keberhasilan dalam melaksanakan pengembangan aaura-oral pada anak, karena prinsip pengembangannya salah satunya dilakukan secara kontinue dan berkesinambungan antara sekolah dan orang tua.
Oleh karena itu untuk mencapai keberhasilan ini , perlu adanya kesepakatan antara sekolah dengan orang tua dalam penyusunan programnya .

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar